Wednesday, September 14, 2011

Chiffon Cake Keju


Bahan:
150 g terigu protein rendah, ayak
100 g keju cheddar, parut
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
100 g gula kastor (gula yang halus banget)
100 ml minyak goreng (kalo aku secukupnya aja, kira2)
100 ml susu cair
5 kuning telur (dari telur @ 70 g)
7 putih telur (dari telur @ 70 g)
1/2 sdt cream of tartar

Olesan & Taburan
butter cream :)
200 gr keju cheddar, parut

Cara Membuat:

Panaskan oven pada 180 derajat Celcius. Siapkan loyang chiffon diameter 24 cm. (kalo aku pake loyang bunny). Jika ada, gunakan loyang chiffon berkaki. JANGAN olesi bagian dalamnya dengan minyak/margarin. (my note: sebaiknya alasnya dialasi kertas roti biar gampang ngelepas cakenya kalau sudah matang. Supaya adonan tidak meluber waktu dituang, karena dasar loyangnya nggak rapet, panaskan dulu loyang di dalam oven selama 10 menit)

Campur terigu dengan keju parut, soda kue, baking powder, garam, dan 2 sdm gula kastor, aduk rata. Buat lubang di tengah campura tepung, tuangi minyak goreng, susu dan kuning telur. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan. 
Kocok putih telur dengan mixser berkecepatan sedang hingga berbusa, masukkan cream of tartar dan sisa gula dalam beberapa tahapan. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mikser diangkat (my note : jangan terlalu kaku).  

Masukkan putih telur dalam beberapa tahapan ke dalam adonan tepung, aduk perlahan hingga rata. Perciki bagian dalam loyang dengan air masak. Tuang adonan ke dalam loyang (aku buat 2 loyang, jadi setengah bagian di loyang 1, setengah lagi di loyang satunya. biar bentuknya bagus. *alibi, padahal ga bisa motong tengah2nya kue. haha). trus Masukkan dalam oven, panggang hingga matang. panas oven 150 - 160 Derajat Celcius saja, selama 75 - 90 menit.. Tand-tanda udah mateng itu,  sisa adonan yang menempel ketika ditusuk dengan lidi (my note : dan kalau dipegang permukaannya membal)

Keluarkan kue dari oven, segera balikkan loyang hingga kue benar-benar dingin (lk 1 1/2 jam) Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang. 
Balikkan kue di rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga bagian atas kue tetap di atas. 
baru Olesin seluruh permukaan kue dengan butter cream, lalu taburi keju parut  note : kalo kue masi panas udah di oles2, ntar yang ada butter creamnya jadi cair.. jadi ga cantik.

note: Banyak tips dan trick yang diberikan oleh teman teman, intinya, membuat Chiffon cake harus menggunakan panas oven 150 - 160 Derajat Celcius saja, selama 75 - 90 menit.insyaAllah hasilnya cantik dan enak.:)

thx to blognya mba hanna di blognya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...